Senin, 11 Oktober 2010

Yokohama Bakal Jadi 'Kota Pintar' Bagi Jepang

Kota Yokohama menjadi salah satu konsep 'Smart City"
Kangtiar.blogspot.com-Jepang, yang merupakan salah satu negara paling terdepan dalam membuat teknologi, mengungkapkan bahwa mereka sedang menyiapkan sebuah kota di masa depan dengan sebutan Smart City.

Kota pintar versi Jepang ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil. Sumber alternatif seperti angin, matahari dan tenaga nuklir yang dimanfaatkan dalam jumlah massal, kemudian didistribusikan ke bangunan, rumah dan mobil listrik yang terhubung satu sama lain melalui smart grid. Smart grip ini yang nantinya akan memantau penggunaan energi di seluruh jaringan untuk memaksimalkan efisiensi.

Tujuannya adalah untuk secara drastis mengurangi emisi karbon dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Seperti diketahui, banyak ilmuwan yakin penyebab pemanasan global adalah berasal dari penyebaran karbon. Demikian yang dilansir SF Gate, Senin (11/10/2010).

Mimpi besar Jepang lainnya adalah menjadi pengekspor teknologi berikutnya dan mendorong pertumbuhan industri baru serta ambisi menjadi kekuatan ekonomi. Saat ini dominasi Jepang masih terkalahkan oleh China sebagai negara dengan tingkat ekonomi terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Kota Yokohama, yang berada di barat daya Tokyo, dipilih sebagai wilayah untuk sebuah eksperimen sosial dan infrastruktur dalam menciptakan sebuah kota cerdas yang dapat ditiru oleh seluruh dunia. Mulai tahun ini, Yokohama Smart City Project adalah program percontohan lima tahun dengan konsorsium tujuh perusahaan Jepang terdiri dari Nissan Motor Co, Panasonic Corp, Toshiba Corp, Tokyo Electric Power Co, Tokyo Gas Co, Accenture's Jepang unit dan Meidensha Corp

"Kami ingin membangun model sosial berteknologi yang dapat dicontoh luar negeri," kata Masato Nobutoki, Direktur eksekutif Perubahan Iklim Yokohama.

"Yokohama adalah tempat di mana budaya asing masuk ke Jepang 150 tahun lalu dan kemudian menyebar ke seluruh negara," sebutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar