Senin, 11 Oktober 2010

Obama Setujui RUU Teknologi untuk Orang Cacat

Kangtiar.blogspot.com-Orang dengan keterbatasan fisik kini tidak perlu khawatir lagi menggunakan gadget, internet, dan barang elektronik. Presiden AS Barack Obama telah menandatangani rancangan undang-undang yang akan mendorong perusahaan dan penyedia teknologi agar lebih 'ramah' terhadap orang cacat.

Dengan penandatanganan ini, Barack Obama telah menjamin adanya akses dan kesempatan yang sama bagi para penderita cacat fisik untuk bisa menikmati internet dan teknologi lainnya, sama dengan warga negara AS yang lain.

Penandatanganan yang dilakukan di depan para pembuat undang-undang dan penyanyi tunanetra Stevie Wonder ini sekaligus merayakan hari' Americans with Disabilities Act' yang ke-20. Aksi ini merayakan adanya larangan diskriminasi terhadap orang-orang berkualitas yang memiliki keterbatasan di dunia kerja, serta menuntut adanya akses yang sama bagi para penyandang cacat untuk menggunakan fasilitas umum dan transportasi.

"Setelah semua hal yang terjadi, hari ini pun datang. Selama ini banyak warga AS penyandang cacat, masih tidak percaya diri dan lebih memikirkan pendapat orang mengenai ketidakmampuan mereka, ketimbang memikirkan apa yang bisa mereka lakukan sebenarnya," ujar Obama, seperti dikutip melalui Yahoo News, Senin (11/10/2010).

Nantinya, lanjut Obama, undang-undang baru ini akan membuat semua orang buta dan tuli dapat memiliki kemampuan layaknya orang normal dalam hal berinteraksi dengan teknologi, baik bermain dengan tombol TV atau menu DVD, mengirim email maupun menggunakan ponsel pintar.

Dalam data negara, sekira 25 juta warga AS memiliki keterbatasan penglihatan (tunanetra), sedangkan 36 juta warga lainnya memiliki keterbatasan pendengaran.

Beberapa peraturan yang terkandung di dalam undang-undang tersebut adalah,
1. Menghadirkan tampilan antarmuka (user interface) untuk fitur internet di smartphone, yang mempermudah penyandang cacat.
2. Menyediakan deskripsi audio di layar yang akan membantu orang buta lebih menikmati menonton televisi.
3. Menambahkan caption di program TV online untuk membantu tunarungu
4. Membuat perangkat telepon dan internet yang kompatibel dengan alat bantu pendengaran.
5. Menyediakan tombol khusus di remote control agar mempermudah akses ke channel-channel televisi. (

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar