Kamis, 13 Mei 2010

Mengungkap Rahasia Terbangnya Pesulap Handal "David Copperfield"

Sewaktu saya mengingat-ingat pertunjukan terbangnya, saya jadi ingat bahwa dulu banyak orang (termasuk saya) yang mengira kalau atraksi itu menggunakan bantuan jin atau lainnya.
Tapi akhirnya saya tahu kalau trik itu menggunakan kecanggihan teknologi. Saya sudah lupa darimana pertama kali saya dapat trik ini, tapi yang jelas dari sebuah forum di luar negeri. Nah, mumpung sekarang udah banyak yang nyebar trik itu di internet, sekarang saya juga mau nyebarin triknya ya…


Bagaimana David Terbang?
Yup, seperti saya bilang sebelumnya, teknologi! David dalam menjalankan aksinya dibantu oleh 2 utas tali yang tebalnya 1 mm yang untuk setiap talinya sanggup mengangkat beban seberat 100 kg. Hmm… kok bisa ya, tebal cuma 1 mm tapi kuat begitu? Tapi menurut info, hanya sedikit produsen di dunia yang memproduksi tali spesial tersebut.

Karena tipisnya tali tersebut, ditambah lagi dengan permainan cahaya panggung, tentu saja membuat David seakan melayang tanpa bantuan apapun. Dan kalau kita perhatikan, David menggunakan sweater yang sedikit ngedombrong dalam aksi terbangnya itu ternyata juga ada tujuannya, yaitu untuk menyembunyikan sabuk akrobatik di pinggulnya tempat mengikatkan tali tersebut!

Tali tersebut digerakkan oleh mesin penderek di atas panggung yang katanya merupakan alat yang paling mahal untuk trik terbang ini. Penderek tersebut dapat menggerakkan David dalam beragam kecepatan dan memiliki gerakan yang amat halus.
Hmmm, pasti mahal banget ya?
david-1
david-1b

Bagaimana David Terbang Dalam Aquarium Tertutup?
Kalau yang ini triknya ada di orang yang menutup aquarium tersebut. Kalau kita lihat, pertama-tama orang tersebut memegang kaca secara vertikal (tegak) baru menurunkannya sehingga aquarium benar-benar tertutup dan David melayang di dalamnya.
Nah, sewaktu kaca tersebut dipegang secara vertikal, sebenarnya tujuannya ialah untuk memberi ruang bagi tali akrobatik David agar dapat dijepit sewaktu aquarium ditutup. Pada gambar, tali akrobatik dihimpit oleh sisi A dan B sehingga dapat menjadi tumpuan tubuh David agar dapat melayang.
david-2

Bagaimana David Terbang dengan Mengangkat Seorang Wanita?
Seperti sudah dikatakan di atas, setiap tali akrobatik dapat mengangkat beban seberat 100 kg. Berarti dengan menggunakan 2 buah tali, maka secara teori dapat mengangkat beban seberat 200 kg! Dan perkiraan berat David dengan wanita yang diangkat ialah 160 kg, tentu saja tali tersebut masih mampu mengangkatnya.

Bagaimana David Terbang Melewati Perputaran Cincin?
Yang ini sebenarnya hanyalah sebuah trik yang mungkin bisa dibilang sebuah tipuan mata. Untuk lebih jelasnya bisa lihat animasi di bawah!
Jadi kesimpulannya tiap orang bisa memainkan trik terbangnya David. Gak perlu pake jin atau apalah itu namanya, cukup dengan banyak uang dan kelenturan tubuh aja!
Sumber: http://fransabis.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar