Kamis, 15 Juli 2010

Tips Mengikuti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)

Illustration LDK
mau ikut LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) / Malam Keakraban (Makrab)/ Malam Kebersamaan / Pelantikan / TC (Training Camp) ? Jedag-jedug… jantung berdetak… diapain yah gw entar disana. Dah gak usah takut… lets it flow yo…. Jalanin aja….

Nah ini dia tips buat yang mau brangkat ke sana…

1. Bawa semua barang yang ada pada list barang saat briefing
Pastikan semua barang pada list barang telah dibawa. Bawa makanan diluar list jangan banyak2 & mahal2 coz palingan bukan buat lo tapi buat panitia atau senior.

2. Jangan membawa barang yang tidak ada pada list barang.
barang kecantikan, elektronik, hiburan dan semua atribut yg gak ada kepentingannya jgn dibawa. apalagi yang memperlihatkan elo itu manja seperti bantal ato boneka tidur lo. Dan bisa dipastika ada razia barang2 bawaan Anda.

3. Bawa pakaian yang fit dibadan dan berwarna gelap
Nanti bakalan diburu2 dan harus berurusan sama fisik. Jadi jangan bawa pakaian yg longgar. Pakaian longgar butuh ikat pinggang, kalo buru2 akhirnya gak sempet pake deh dan bisa diperkirakan bagaimana kelanjutannya. Karena berurusan dengan Alam, pakaian Anda akan bersentuhan dengan tanah & kotoran lainnya, warna gelap akan membuat pakaian Anda tidak terlihat kotor.

4. Gunakan tas ransel & usahakan 1 tas saja.
Jarang sekali untuk organisasi yang menerapkan senioritas ini berkutat di indoor. Kita lebih sering berada di outdoor. Tas ransel memiliki portabilitas yang lebih untuk bepergian.

5. Jangan bertindak tidak baik/nyolot di depan panitia/senior.
ini bakalan jadi bahan buat ngerjain lo. Mereka akan membuat sidang terbuka bersifat ‘keroyokan’ khusus untuk Anda.

6. Jangan lepas barang ‘nyawa’.
Barang ’nyawa’ itu adalah barang yang harus ada dimana pun seperti nametag dan atribut perang lainnya. Kapanpun, dimanapun, saat tidur, saat diminta panitia/senior, bahkan saat ke WC pun tetap gunakan atribut memalukan ini.

7. Tidur sesuai perintah panitia
Panitia telah memikirkan semuanya, termasuk waktu istirahat peserta. Jadi saat diberi waktu istirahat gunakan sebaik2nya. Jangan justru ngobrol atau bahkan ngegosipin panitia. Karena tengah malam nanti biasanya ada ‘jurit malam’ atau ‘pos-to-pos’ dimana peserta akan di bangunkan secara mendadak.

8. Pentingkan kebersamaan diatas segalanya.
Tujuan acara ini adalah memupuk kebersamaan, jadi jangan pentingkan individualitas dan ego pribadi. Disana Anda juga sering dihadapkan pada ’sini salah, sana salah, semua salah’ tapi tetap gunakan kebersamaan untuk mengubah segalanya. Kita harus membela sesama…


Akhirnya, buat yang mau ikut acara hebat ini. Sebuat petuah dari gw, ”Panitia dengan keroyokan suka omel-omelin dan bentak peserta, tapi itu semua demi kebaikan peserta (kecuali omelan gak jelas dan tanpa alasan). Dan perlu diingat kita memang lelah, tapi panitia lebih lelah karena telah mempersiapkan segalanya dari hari H-, hari H, bahkan sampai hari H+.”

Good Luck deh acaranya, semoga sukses…
source:/www.ridwanforge.net

3 komentar:

  1. hahahaha...siplah tipsnya, masalahnya aku g pernah ikut ky gituan

    BalasHapus
  2. Wiihh.. tipsnya menarik,, coba dulu..

    BalasHapus
  3. Wah, saya pernah tuh 2 kali ikut semacam TC gitu, memang seperti yg disebut di atas sih, tp acara seperti ini endingnya pasti sangat baik dan semua peserta bisa tertawa bersama dengan panitia/senior. Jadi nikmati saja acara seperti ini dan sabar saja menerima cobaan saat acara berlangsung coz endingnya nanti pasti sangat baik.

    BalasHapus