Senin, 17 Januari 2011

Ultah ke 10 Wikipedia

Wikipedia kini rayakan ulang tahunnya yang ke 10, setelah pertama kali terbit di internet pada tahun 2001.

10 tahun semenjak pertama kali terbit, Wikipedia telah membantu banyak sekali orang. Karena sistemnya sebagai open-source untuk semua orang maka pembendaharaan kata di kamus ini terus berkembang pesat. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Senin (17/10/2010).

Wikipedia didirikan pada bulan Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Sanger menjelaskan arti kata Polynesia 'wikiwiki' yang memiliki makna 'cepat'.

"Itu berarti adalah sebuah website yang SANGAT terbuka, halaman website yang SANGAT bisa diedit kapanpun," tulis Sanger di postingannya tersebut.

Wikipedia adalah bentuk baru dari kamus modern. Siapapun bisa mengakses, menambah, serta mengedit pembendaharaan kata di kamus ini.

Kamus kata sudah ada sejak 2 ribu tahun silam. Kamus yang tertua, Naturalis Historia, yang ditulis oleh Pliny Sang Pengurus Gereja, penulis/filsuf jaman Romawi.

Diklaim kini ada 17 juta artikel di Wikipedia disumbang oleh para kontributor, yang mana langsung terbuka apabila melakukan melalui mesin pencari Google.

Kini sudah jutaan orang yang merasakan manfaat dari Wikipedia. Tapi akankah kehadiran dari Wikipedia bisa menggantikan kamus tradisional?

3 komentar:

  1. wah ini yang ultah wikipedia ya....? selamat ulangtahun wikipedia semoga selalu jaya di udara....hehehehe seperti radio aja

    BalasHapus
  2. Wah Selamat Buat Wikipedia..!! Semoga Saja Bisa Berkembang dan Menjadi yang Terbaik.. amin..!!

    Kalau Agan2 Sekalian Berkenan... Mampir Juga ke Blog Aku yah..

    http://diseputar.blogspot.com/

    Untuk Kang Tiar Terima Kasih Infonya..
    Salam Blogger :)

    BalasHapus
  3. Selamat ultah buatt wiki.. walaupun telat..

    BalasHapus