Minggu, 17 April 2011

Operasi Bedah Memakai iPod

iPod lebih mudah digunakan dan memberikan tingkat akurasi dan presesi yang sama dengan komputer. (aestheticlab.com)

Saat dokter Arun Mullaji, ahli bedah ortopedi dari Breach Candy Hospital, Mumbai, India melakukan operasi penggantian lutut, ia menyelipkan seperangkat iPod ke mantel bedahnya. Namun, ia tidak mendengarkan musik.

“Pembedahan dengan alat bantu komputer sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Akan tetapi sistem yang digunakan cukup merepotkan proses operasi,” kata Mullaji, seperti dikutip dari HindustanTimes, 17 April 2011. “Pembedahan dengan bantuan komputer memiliki tingkat akurasi 90 sampai 95 persen, namun cara ini meningkatkan akurasi dan persisi ke level berikutnya,” ucapnya.

iPod, kata Mullaji, lebih mudah digunakan dan memberikan tingkat akurasi dan presesi yang sama dengan komputer. Saat percobaan, Mullaji melakukan pembedahan penggantian lutut terhadap Gulab Sanghvi, 75 tahun, dengan bantuan DASH Smart Instrument System.

iPod yang dikenakan dokter terhubung secara nirkabel lewat koneksi WiFi ke sebuah kamera. DASH Smart Instrument System kemudian akan memberi tahu dokter lewat layar iPod secara tepat seputar di mana dan berapa dalam pembedahan perlu dilakukan dan di mana menempatkan tulang sendi baru.

“Paramedis bisa menentukan posisi yang sejajar antara persendian dengan kaki lewat layar iPod,” kata Mullaji. “Dari penelitian diketahui bahwa saat teknologi komputer digunakan untuk membantu operasi pembedahan persendian, pasien tidak terlalu merasakan nyeri dan kehilangan darah dalam jumlah yang lebih sedikit,” ucapnya.

Saat digunakan, layar iPod menunjukkan posisi, sudut, ukuran setiap titik serta pergerakan sensor yang dihubungkan padanya. “Navigasi menggunakan iPod membantu sistem dalam memberikan posisi persendian tulang dengan titik presisi hingga 0,1 milimeter,” ucapnya.
• VIVAnews 

Tag: Dokter Pakai iPod untuk Bantu Operasi Bedah,Bedah Memakai iPod,Dokter Bedah Pasien dengan iPod,Operasi dengan iPod,Dokter Bedah dan iPod

12 komentar:

  1. Teknologi memang sudah berkembang tidak terbendung lagi percepatannya ya mas.. Slah satunya teknologi di iPod ini. Peran medis bisa terbantu dengan memanfaatkan sensor processing di iPod... bener2 sudah merambah kemana teknologi sekarang dan bahkan diluar dari perkiraan kita...
    Salam Wonogiri...

    BalasHapus
  2. wew alamak
    teknologi kok canggih banget itu kang

    BalasHapus
  3. canggih banget yah,bisa sampe gitu :2thumbup

    BalasHapus
  4. wow.. teknologi udah makin canggih aja yah :D

    BalasHapus
  5. wah keren banget nih kang ..
    canggih2 .. teknologi sekarang emang top dehh !!

    BalasHapus
  6. keren kang makin caggih aja dah
    salam aja dari ;CriboRasta90.

    BalasHapus
  7. waah zaman sekarang Ipod bisa buat operasi
    tahun depan operasi pake apa yah??

    BalasHapus
  8. wah... natep juga tuh iPhone
    multi fungsi gitu yah... :D

    BalasHapus