Minggu, 26 Desember 2010

Apa itu Hosting dan Domain

Hallo sahabat blogger ,terutama sahabat kang tiar apa kabar nih?pasti baik kan!. Bagaimana Liburan tahun ini asyik tidak? liburan kemana saja rencananya? bagaimana natalan tahun ini dan tidak kalah penting lagi yaitu kita akan memasukli tahun yang baru yaitu tahun 2011 .semoga saja di tahun 2011 nanti bencana-bencana di muka bumi ini (terutama di Indonesia) sudah tidak ada lagi (kalau ada,semoga tidak memakan korban banyak). Ooo iya. nanti pukul 18.30kan ada pertandingan perdana antar Indonesia dan Malaysia di Bukit Jalil,Malaysia. Menurut anda yang menang siapa hayoo? (pastinya Indonesia ya!). Tapi di postingan Kali Kang tiar tidak akan mengulas tentang sepak bola tapi Kang Tiar akan mengulas tentang Apa itu Hosting dan Domain . Langsung saja kita simak postingan Kang tiar dibawah ini:

Hosting dan Domain kalau belum pernah dengar tentu saja tidak tahu apa maksud dari 2 kata tersebut. Dulu saya sangat bingung apa itu Hosting dan Domain. Pertama saya hanya tahu tentang Domain (hosting
Belum),saya tahu kata Domain waktu di SMP kelas 9 (sekarang SMK kelas 10).

Domain 

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.
Domain dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "blogger.com". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.
Ada 2 jenis nama domain yang beredar saat ini di Internet, yaitu Top Level Domain Name (TLD) dan Country Code Top Level Domain Name (ccTLD) atau Local Domain.

1. Top Level Domain Name (TLD) ada 3 yaitu TLD Umum,TLD Eklusif USA,dan TLD Ranah Lokal
  • TLD Umum

  • TLD Eklusif USA
  1. .edu   : pendidikan (eksklusif untuk Departement Pendidikan Amerika Serikat)
  2. .gov   : pemerintah (eksklusif untuk pemerintah Amerika Serikat)
  3. .mil    : militer (eksklusif untuk militer Amerika Serikat)

Walau demikian, nama ranah .edu digunakan pula dalam praktiknya untuk beberapa situs Indonesia.
  •  TLD Ranah Lokal
  1. .go.id          : didedikasikan untuk organisasi kepemerintahan di Indonesia
  2. .mil.id        : penggunaan secara khusus oleh militer RI
  3. .co.id          : bagi perusahaan atau lembaga komersial
  4. .or.id          : untuk organisasi nirlaba
  5. .web.id       : didesignasi untuk badan informal maupun pribadi
  6. .net.id        : ranah umum untuk situs Internet
  7. .war.net.id : diperuntukkan warnet (warung Internet)
  8. .sch.id        : ranah khusus untuk lembaga sekolah di Indonesia
  9. .ac.id         : didedikasikan bagi lembaga akademik semisal universitas
2. Country Code Top Level Domain (ccTLD)
Disebut juga Local Domain, adalah nama domain yang disesuaikan dengan kode/nama negara. contohnya:
  • .id  : untuk Indonesia
  • .us  : untuk USA (Amerika Serikat)
  • .ph  :untuk Philipina
  • .zw  : untuk Zimbabwe
  • .sa  : untuk Saudi Arabia
  • dan masih banyak lagi...
Hosting

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server untuk disewakan sehingga memungkinkan setiap orang menempatkan informasi di internet. Bisa dikatakan bentuk dari server ini adalah sebuah komputer yang akan selalu nyala selama 24 jam sehari.
Fungsi hosting adalah digunakan untuk menyimpan segala file yang dapat digunakan sepanjang waktu karena sifat komputer hosting yang selalu menyala dan dapat diakses dari mana saja, seperti sebuah website.
Di Indonesia juga ada situs pelayanan Hosting atau domain yaitu Jagoan Hosting Indonesia adalah salah satu perusahaan yang dapat mempermudah anda untuk membeli domain dan hosting. Domain dan Hosting Murah hanya bisa anda dapat di Hosting Indonesia. Bagaimana Penjelasan dari saya tentang Apa itu Hosting dan Domain ,Sudah jelas belum? weduh Belum jelas juga? Oke oke,Saya suguhkan Video dari Jagoan Hosting Indonesia. Yang bisa anda cermati dari Cerita antara Cak Beon dan Pakde Top (ceritanya Tentang Apa itu Hosting dan Domain?). Silahkan di Lihat dan dicermati.. Mong...goooo!!!



Semoga Postingan Apa itu Hosting dan Domain dapat bermanfaat Bagi Kita Semua. [Kang Tiar]

7 komentar: