Selasa, 07 Desember 2010

Apa itu WikiLeaks?

Di postingan saya kali ini saya akan mengambil tema WikiLeaks. kenapa? karena baru-baru ini banyak berita di TV maupun di media cetak lainnya yang memberitakan tentang WikiLeaks. Kabarnya WikiLeaks telah "pembocoran" dokumen-dokumen rahasia dari negara-negara didunia salah satunya adalah pembocoran dokumen Perang Afganistan. kenapa WikiLeaks bisa "pembocoran" dokumen-dokumen rahasia dari negara lain??? mari bersama-sama kita ketahui Apa itu WikiLeaks?

WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. Julian Paul Assange adalah seorang jurnalis asal Australia yang dikenal sebagai pendiri dan juru bicara situs tersebut.

Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan.Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks. Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.

WikiLeaks telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk New Media Award dari majalah Economist untuk tahun 2008.Pada bulan Juni 2009, WikiLeaks dan Julian Assange memenangkan UK Media Award dari Amnesty International (kategori New Media) untuk publikasi tahun 2008 berjudul Kenya: The Cry of Blood – Extra Judicial Killings and Disappearances,sebuah laporan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Kenya tentang pembunuhan oleh polisi di Kenya.Pada bulan Mei 2010, New York Daily News menempatkan WikiLeaks pada peringkat pertama dalam "website yang benar-benar bisa mengubah berita".

Gambar Penting:

Julian Assange

11 komentar:

  1. waduh , jangan-jangan wikileaks punya data-data mengenai blog kita juga nih.. wkwkkw


    menjawab pertanyaan sobat pada postingan saya , menurut saya tidak membuat lamabat krna widget tsb. tidak menggunakan java script :)

    BalasHapus
  2. @Muhammad Chandra

    iya nih bahaya,....

    .ooo jadi gax berat-beratin blog to?? sep lah kalau begitu

    BalasHapus
  3. wowww berita heboh nih, terimakasih kang Tiar sudah berbagi info, sukses untuk anda

    BalasHapus
  4. sekarang lagi heboh perang internet antara pendukung wikileaks dgn yg anti wikileaks (mudah2an blogspot ga kena hack)

    BalasHapus
  5. wikileaks hebat juga yah punya file2 rahasia

    BalasHapus
  6. wikileaks hebat juga yah punya file2 rahasia

    BalasHapus
  7. KAPan Y JurNALIS JUrnaliS iNDonesIA, BSA SeteNAR ASsanGE

    ARMStrOng_prODucT@YAhOo.cO.ID

    BalasHapus