Jumat, 30 September 2011

SETTING INTERNET JAVA SONY ERICSSON W302

www.kangtiar.blogspot.com-
Berawal dari pengalaman pribadi ketika saya baru memiliki hp SE W302, ketika saya menginstal operamini, ebuddy, dan Ymtiny. Selama proses instalasi berlangsung selalu muncul pesan “please contact your provider for java internet setting…” dan akhirnya setelah mengotak-atik dan mencari di machine searching saya menemukan jalan menuju roma.. eh jadi jalan2 ya..!!



Beginilah jalan ceritanya!!!
Please contact your provider for java internet setting…begitulah pesan yang muncul ketika menggunakan sonyericsson w302 untuk menjalankan program java dan terhubung dengan internet. Padahal ketika menggunakan browser bawaannya (openwave) semuanya berjalan lancer, kasus yang saya alami ketika download operamini, ebuddy, dan Ymtiny. Saat download dan instalasi semua berjalan lancar dan sukses, tetapi saat dijalankan muncul peringatan tersebut. Setelah saya cari di searching machine(googling), mengutak atik dan bertanya-tanya di forum,
Untuk Provider IM3 ( Indosat)
1. masuk ke kategori tempat anda menginstall program java (games atau aplication)
2. klik option (pada tombol dsebelah kiri)
3. klik settig – connection – (option) Create New
4. pada Name isikan sembarang nama (contoh m3) OK
5. kemudian pilih option – edit
prefered connect = PS
proxy – use =yes
login = gprs
pasword = im3
proxy address = 010.019.019.019
port number biarkan
6. back
7. PS data – edit
login = gprs
password = im3
APN = www.indosat-m3.net
8. save konfigurasi tersebut
9. back – back
10. klik advanced (satu tempat dg menu setting, paling bawah)
11. connection – pilih konfigurasi yang baru anda buat – ok
12. pada security – untrusted atau trusted by….. – Ok
13. kemudian muncul beberapa menu klik option – pilih ask once atau never, lakukan pada setiap menu
setting ini agar ketika menjalankan program kita tidak ditanyai trus ma programnya, boleh konek pa ga…?gitu trus
ps:
Untuk Provider Telkomsel
Nama : Telkomsel WAP
Data bearer : GPRS
APN : telkomsel
Username : wap
Password : wap123
IP : 10.1.89.130
Homepage : wap.telkomsel.com
Security : Off
Session Mode : Permanent
Untuk Provider XL
Nama : XL-GPRS
Data bearer : GPRS
APN : www.xlgprs.net
Username : xlgprs
Password : proxl
IP : 202.152.240.50
Homepage : wap.lifeinhand.com
Security : Off
Session Mode : Permanent
AXIS
Nama : AXIS
Data bearer : GPRS
APN : AXIS
Username : AXIS
Password : (kosongkan) ato, diisi dengan AXIS
IP : 10.8.3.8
Homepage : wap.axisworld.co.id
Security : Off
Session Mode : Permanent
maaf, untuk provider yg lain bisa googling.
Selamat Mencoba ya!!!!






Senin, 19 September 2011

DESAIN PERLU, SAFETY PENTING

www.kangtiar.blogspot.com-Makin ketatnya perkembangan ruda dua di Indonesia, seakan menuntut pabrikan motor bertarung dalam hal inovasi dan teknologi. Pada lingkup ini, performa mesin turut menjadi amunisi pabrikan yang selalu dijadikan nilai jual. Tapi, sadarkah konsumen di Indonesia akan peningkatan nilai keselamatan, seiring dengan kehadiran motor-motor yang memiliki performa mesin tinggi ?.
Salah satunya masalah perlengkapan berkendara, yakni helm. Maraknya produk helm yang bertarung desain dan corak warna. Terlepas dari masalah tampilan, apa saja yang mesti diperhatikan saat membeli helm ?.

Ikuti saja penuturan Dwi Yatmoko dari gerai Motomart di kawasan Jemursari Surabaya, Daniel Tangka kroser kawak yang suka fashion tampilan helm dan Jefry Kaeng pendiri East Java Community N250, Surabaya.


MODEL HELM
Sesuai dengan aturan rambu safety riding, model helm yang berlaku di Indonesia cuman 2 model.

Full face
Konturnya bodi helm penuh hingga bagian depan mulut tertutup oleh desain helm dan buka kaca yang menutupi. Perlindungan maksimal, disajikan untuk dagu dan kepala bagian belakang. Sehingga bagian permukaan wajah lebih steril dan memungkinkan untuk dipakai di kecepatan tinggi.

Half face (3/4)
Kalau ditinjau dari dimensi nya memang beda dengan helm full face, tapi secara fungsi normal berkendara, helm half face memiliki persamaan dengan helm full face. Sebab, permukaan wajah terback up maksimal oleh kaca helm, begitu juga dengan pada bagian belakang kepala. Hanya saja, helm half face minus memberi perlindungan pada bagian depan mulut dan dagu. Sehingga cocok buat berkendara jarak dekat dan waktu pendek.


APA YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI ? Terkait faktor keamanan pengendara yang memakai nya. Bagaimana sih ciri khas helm yang ideal, ketika ditinjau dari part-part perangkat helm itu ?.  

fisik helm
Bagian dinding luar, terbuat dari fiberglass, molded plastic atau polycarbonate composite yang berguna untuk melindungi benturan kepala dari benda keras dan mengurangi tekanan berlebihan akibat benturan.

Clotch jersey
alas kain yang kontak dengan kepala pastikan lembut dan dingin. Hindari kain jenis nylon yang menyebabkan panas di kepala saat pemakaian siang hari. Tapi, lapisan nylon juga dibutuhkan untuk menghindari penumpukan keringat di bagian kepala yang berpeluang keringat, macam bagian dahi. Agar, helm tak cepat bau apek.  Dan peredam benturan atau stereofoam pastikan ketebalannya 12 milimeter dan dilapis jersey helm model bahan yang anti robek. Agar tetap nyaman dan aman.

Kaca helm perbandingan 1 : 1
artinya saat memakainya bidang yang dilihat tak melebar. Sebab, hal itu yang berpengaruh dengan jarak pandang, jauh dekatnya obyek di depan serta nilai keselamatan. Lebar kaca helm pastikan masih dapat memantau sisi kanan kiri obyek pada sudut kurang lebih 250 derajat. Agar bayangan obyek di kanan kiri, mudah dipantau macam memberi space pengendara yang akan menyalip. Dan sudut pandang vertikal sekurang-kurangnya 30 derajat di atas dan 45 derajat di bawah bidang utama. Untuk mempermudah jarak pandang saat berkendara di pegunungan atau saat melewati kontur aspal model camel.

Sil kaca
yang baik tingkat elastisnya mampu merapatkan celah kaca saat ditutup, sehingga optimal menghadang tekanan angin, air, debu serta asap. Sil kaca yang bagus, rangkaiannya menyeluruh di lis kaca helm. Bagian ini, juga bisa dilakukan pengetesan langsung dengan air saat membeli. 

Kaca helm proteksi
agar pandangan pengendara selalu terjaga lebih maksimal. Seperti label Nolan Fog Resistant System (NFRS) atau Vision Protection System (VPS). Kedua label ini, mempercepat mengusir embun dan dapat mereduksi ultraviolet hingga 40 persen. Penting dicari, untuk keperluan saat berpapasan dengan mobil atau bus dengan spot light kondisi nyala.      

Dimensi kaca
maksimal memberikan perlindungan terhadap mata dan wajah depan. Dipengaruhi ukuran, maka setiap membeli helm tentukan ukuran helm dengan ukuran kepala. Selisih ukuran jangan terlalu banyak, bisa dipraktekan langsung. Ukuran yang pas, saat helm dipakai dan dipakai geleng-geleng, helm tak ikut kocak. Selain itu, jepitan busa ke pipi tak mengurangi kenyamanan.

Ventilasi
pastikan lubang sirkulasi udara ini bukan sekedar hiasan fitur saja tapi juga fungsi. Ventilasi yang berfungsi, biasanya dilengkapi dengan klip buka tutup. Dan bagian penting yang mendapat ventilasi ini ada di bagian bawah kaca helm, serta bagian atas kepala. Agar pengendara cukup mendapat konsumsi udara bersih dan tak mudah panik saat dikemacetan.   

Sabuk helm
bagian klipnya hindari bahan yang berpeluang menyebabkan karat, sebab akan mempersulit saat buka tutup klip yang menuntut dibuka dalam waktu singkat. Selain itu pastikan masih memiliki tingkat elastis lebih rendah agar tetap nyaman dalam pemakaian dan tak mencekik. Untuk lebar sabuk, idealnya kurang lebih 20 mm. 

Titik sabuk helm
untuk menjaga posisi helm agar tepat pada posisi kepala yang paling ideal dan nyaman serta safety. Dalam hal ini, pin titik sabuk pengikat ideal nya tepat pada dagu dan cenderung di depan. Agar tak mengurangi gerak bebas lehar saat berkendara.

Tinggi bodi helm
pastikan proposional dan tak terlalu cingkrang saat dipakai. Dimensi tinggi helm mudah diketahui di bagian bawah helm pada leher si pemakai. Dalam hal ini ukuran kepala si pemakai yang menentukan.

- Keliling lingkaran bagian dalam helm adalah sebagai berikut:
S (small)         : antara 500 mm – 540 mm
M (medium)         : antara 540 mm – 580 mm
L (large)         : antara 580 mm – 620 mm
XL (xtra large)     : Lebih dari 620 mm

- Hindari pemakain pen keling yang berpeluang bergesekan dengan kulit bagian kepala secara menyeluruh.

CIRI-CIRI HELM SNI BER STANDART NASIONAL INDONESIA> Terdapat logo SNI asli
> Logo terletak pada bagian belakang helm hingga samping kanan dan kiri
> Logo tersebut tidak terbuat dari stiker/tinta cat
> Logo SNI berupa cetak timbul alias embos

Bore Up Karburator Makin Deras Makin Imbang

www.kangtiar.blogspot.com-Untuk memaksimalkan fungsi karburator, mekanik biasanya mengakali dengan cara seting ulang jarum skep, sekrup udara, jarum pelampung dan ganti spuyer. Bahkan trik paling berat yaitu mereamer karbu alias membesarkan diameter lubang venturi dari ukuran standar. 

Sayang langkah reamer karbu masih punya keterbatasan. Lewat dari ukuran yang wajar, bodi karbur rawan bocor. Akibatnya piston skep yang bertugas mengatur debit gas bakar jadi ngaco bekerja. Bahkan kesalahan ini kerap dialami karbu berdiameter piston skep sangat kecil.

Makanya Alif Bowo Sarwono pemilik bengkel bubut Adhi Jaya Tech putar otak untuk maksimalkan kembali fungsi karbu standar. Maksudnya, peranti vital ini bukan cuma bisa direamer tapi juga bagaimana caranya gedein ukuran piston skep. Istilahnya bore up karbu.

“Sekarang saya sudah coba di karburator Shogun 110. Piston skep yang aslinya cuma 20mm, bisa jadi diameter 24mm. Sehingga diameter venturi yang awalnya 22mm, kini bisa direamer hingga ukuran 24mm tanpa khawatir terjadi kebocoron,” mantap Alif yang idenya hasil konsultasi dengan Waskito Ngubaini alias Merit, tunner asal Jogja.

Lalu untuk melancarkan garapannya tadi, tanpa bermaksud menutup-nutupi idenya Alif mengaku kalau ubahan pada piston skep karbu Shogun 110 andalkan comotan dari piston skep motor lain. Yaitu dari karbu Honda GL-Pro Neo Tech yang kebetulan memiliki piston skep ukuran diameter 24mm.

Adapun cara untuk menggabungkan kedua bagian komponen tadi, dituturkan oleh bapak dua anak ini kuncinya ada pada proses pemotongan. Terutama bangian antara bekas rumah piston skep asli Shogun 110 di bagian atas, dengan rumah skep Honda GL-Pro Neo Tech di bagian bawah. Keduanya harus dipotong dengan tepat agar saat digabungkan kembali benar-benar center.

“Prosesnya memang agak repot dan benar-benar teliti biar enggak miring waktu disatukan. Terutama saat memotong rumah skep Shogun 110 yang posisinya harus lebih lebar ke samping dan ke bawah. Apalagi di bagian bawah lubang venturi terdiri banyak lubang kecil untuk aliran gas bakar waktu idel. Jadi, mesti hati-hati,” lanjut Alif yang mewanti harus sabar jika memang ingin pesan.

Setelah kedua bagian terpisah, langkah berikutnya adalah menyatukan potongan bodi karbu Shogun 110 dengan rumah skep GL-Pro Neo Tech berikut piston dan juga tutupnya.

 Biar kuat dan nggak gampang bocor, Alif menggunakan lem khusus yang sering digunakan tunner atau mekanik untuk menambal bagian mesin yang bocor atau terlalu banyak dipapas. Seperti buatan Thailand yang tahan panas tapi kuat sampai 2 ton daya rekatnya.

“Lewat bore up karbu, analisis Merit gas bakar yang dipasok bisa lebih banyak dan tetap imbang antara bensin dan udaranya. Sebab bentuk venturi nggak cuma lonjong kalau direamer, tapi lebih bulat karena diameter piston skep juga ikutan gede. Sangat cocok buat motor korek harian,” imbuh Alif yang mematok harga bore up karbu rata-rata Rp 250 ribu tidak termasuk karbu.

Selain karbu Shogun 110, Alif juga sudah lakukan bore up karbu vakum milik skubek Yamaha Mio. Jika awalnya piston skep vakum berdiamter 24mm, kini diganti model piston skep diameter 26mm yang comot dari kepunyaan Yamaha RX-King. Hanya saja, proses ubahan ini terpaksa harus mengganti bagian penutupnya yang model vakum.

Bahkan karbu RX-King yang masih jadi primadona para tunner pun, piston skepnya juga dapat dibore up hingga diameter 30mm (asli 26mm). Cuma caranya nggak menggunakan komponen lain. Melainkan rumah skepnya diganti dengan model sok-sokan dari pipa stainless, berikut piston skep dan tutupnya yang dikenakan biaya terpisah.

“Cuma saran saya, saat melakukan bore up karbu baiknya gunakan komponen yang asli. Sebab bila menggunakan part KW, dikhawatirkan alirang lubangnya enggak presisi yang malah jadi penyebab motor sulit diseting,” ingat Alif yang buka bengkel di Jl. Tole Iskandar Raya, Depok

Berminat..?

PE 28 SAMPAI 34 MM
Ada yang lebih eksterm lagi dilakukan tukang bubut Thailand. Bore up karbu Keihin PE 28 jadi 34mm.  Kenaikan besarnya lubang venturi bisa sampai 6mm.

 Namun untuk piston skep tentu harus menggunakan yang lebih besar. Paling pas dipilih skep dari Yamaha TZM150. Itu lho motor 2-tak keluaran Yamaha.

Saking gedenya main bore up, bodi karburator sampai harus ditambal lagi dengan lem tahan panas. Tentunya supaya tidak bocor.


Gedein Bak Karburator
Gedein piston skep dan lubang venturi bikin aliran gas bakar ke dapur pacu makin deras. Artinya, tempat panampungan bensin sementara di bak karburator mestinya juga mumpuni.

Mungkin buat karbu standar yang berukuran besar enggak ada masalah. Bagaimana dengan karbu kecil yang sudah dimodif agar aliran gas bakar deras. Seperti dilakukan di Shogun?

“Enggak ada masalah. Itu sudah dipikirkan sebelumnya. Biar nggak tekor di rpm tinggi, bak karbu juga dimodifikasi. Dengan membesarkan volume wadah aslinya,” tunjuk Alif yang bisa dikontak di nomor 0815-8585-3509.

Adapun caranya, bak karbu asli diperbesar dengan menambah wadah baru dari bahan aluminium berbentuk tabung. Lalu wadah tadi dipasang di samping kanan-kiri bak yang terlebih dahulu dilubangi sebelum kemudian dilem ulang. Kalau sudah begini, bensin nggak bakal tekor.

Nih, Ciri Slang Kabel Harus Ganti

www.kangtiar.blogspot.com-Indikator slang kabel kopling atau karburator harus diganti memang nggak ada. Biasanya baru tahu kalau kabel sudah sering putus. Padahal untuk menghindari kabel putus di jalan bisa diketahui sejak dini. Misalkan, terdeteksi lewat rasa juga bentuk tampilan rumah kabel slang yang terpasang di motor. Jika kabel slang tidak lancar alias agak keset, bisa jadi kawat ulir di dalam sangkar slang ada yang patah. Sehingga ujung bagian yang patah tadi menghalau laju kawat saat bergerak.

Penyebab lainnya bila kabel putus berulang-ulang meski belum lama ganti. Biasanya bagian dalam rumah kawat sudah berkarat dan kurang pelumas. Sehingga kawat yang bergesekan dengan kawat ulir di slang, lebih cepat terkikis hingga mudah putus. Timbulnya karat di slang, biasanya pelapis luar slang campuran plastik dan karet sudah ada yang robek akibat tergores atau sering tertekuk. Sehingga air hujan rawan masuk lewat sela-selanya. Penyebab lain kalau lapisan luar slang campuran plastik dan karet sudah terasa keras bila ditekan ujung jari, baiknya segera diganti. Karnea slang keras tanda kawat kurang pelumas dan kawat ulir slang sudah berkarat.

Koleksi Ekslusif Tas Replika Mobil


www.kangtiar.blogspot.com-Bagi otonetters yang mengaku penggila otomotif apalagi pecinta karakter tokoh di film Cars bila melirik yang satu ini. Tas replika mobil yang nyentrik. Rasanya, layak untuk menambah koleksi merchandise otomotif nih. Desain dan bentuknya sudah pasti menarik, bergaya karikatur dengan warna-warna yang mencolok. Penjualnya mengatakan, harganya juga cukup terjangkau kok, gak sampai Rp 200 ribuan!

Ada dua varian, pertama tas koper berbahan dasar fiber keras dan kuat. Dengan bahan roda yang berkualitas tinggi. Tas ini memiliki tinggi sekitar 50 cm dan lebar sekitar 30 cm dan dilego seharga Rp 165 ribuan. Varian keduanya, model ransel, dengan bahan kanvas tebal. Ukurannya 49cm x 28cm x 13cm, dengan banderol harga Rp 125 ribuan. "Harga tas ini kalau di pusat perbelanjaan bisa mencapai Rp 800 ribu sampai Rp 1 jutaan lho," tulis sang penjual yang memasarkannya di jejaring sosial. Tertarik untuk memilikinya? 

Sabtu, 17 September 2011

Postingan di situs Google+ Menurun 41%

www.kangtiar.blogspot.com-Bukannya terus menanjak semenjak peluncuran perdananya, postingan di Google+ malah menurun, ungkap sebuah penelitian terbaru. Seperti yang dikutip dari T3, Sabtu (17/9/2011), data terbaru menyebutkan bahwa Google+ nampaknya akan gagal untuk mengejar Facebook, karena turunnya postingan di layanan tersebut sebesar 40 persen. Meski sempat terjadi 'rush' pendaftaran di masa awal peluncurannya, kini postingan di Google+ malah menurun 41 persen, menurut sebuah perusahaan yang menawarkan pengguna kesempatan untuk me-link akun Twitter dan Google+ mereka. Penurunan ini seperti berbanding terbalik dari invite yang ramai diperbincangkan ketika layanan tersebut pertama kali diluncurkan. Perusahaan pembuat layanan ManageFlitter Twitter to Google+ tersebut, mengatakan bahwa data mereka menunjukkan bahwa postingan yang dipublikasikan menurun dari 0,68 persen per hari, menjadi 0,40 persen. Meskipun begitu pihak perusahaan mengatakan bahwa ini tidak termasuk pada postingan yang bersifat privat. Sebelumnya Google berharap kalau Google+ dapat atau setidaknya mendekati Facebook, dengan beragam fitur yang ia miliki termasuk Circles dan banyak yang lain. Nampaknya sampai saat ini pengguna masih betah menggunakan Twitter dan Facebook, meski Google+ sempat menimbulkan kehebohan tersendiri.

Jumat, 02 September 2011

Bejubel.com, Ramaikan Pasar Online Shopping

http://www.bejubel.com/

Platform jual beli online bertajuk Bejubel.com kini telah hadir di Indonesia. Platform online shopping ini memberikan serangkaian alat online bagi penjual dan pembeli di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli. Bejubel.com menyediakan alat sosial dan online lengkap seperti notifikasi, pesan pribadi, komentar, promosi sosial dan toko online. Bejubel akan memberikan manfaat besar kepada penjual dan pembeli, baik pribadi maupun profesional yang ada di Indonesia. "Dengan beberapa fitur-fitur tambahan yang akan segera diluncurkan, kami harap Bejubel dapat menjadi pilihan utama bagi penjual dan pembeli yang ada di Indonesia. Dan juga memberikan manfaat kepada masyarakat luas," Kata Matthieu Cavalie, salah satu founder Bejubel.com yang juga merupakan salah satu pendiri Indonesian Multimedia Mobile Association (IMMA, imma.mobi). Beberapa fitur-fitur yang sedang dikembangkan adalah toko online, chat, verifikasi toko dan penjual. Saat ini Bejubel sudah menyediakan aplikasi iPhone, BlackBerry, sementara aplikasi untuk platform Android masih dalam tahap pengembangan dan akan diluncurkan secepatnya. Dengan adanya aplikasi-aplikasi untuk ketiga platform ponsel itu diharapkan masyarakat Indonesia akan semakin mudah dan cepat untuk menjual dan mencari barang atau jasa dimana saja dan kapan saja. PT. Kreatif Bersama sendiri adalah perusahaan penyedia layanan VAS terbesar di Indonesia. Kreatif Bersama mempunyai kantor pusat di Jakarta, Indonesia, yang terdapat pusat manajemen konten, pemasaran produk, media dan pengembangan. Dengan lebih dari 170 karyawan yang ada di beberapa negara, KB mempunyai kantor cabang di Vietnam, Pakistan, Thailand, Filipina dan Brazil.