Rabu, 24 Maret 2010

Apakah benar Facebook Picu Penyebaran Penyakit Kelamin?

LONDON - Ahli kesehatan menyebutkan, Facebook saat ini memiliki kaitan erat dengan pertumbuhan penyakit seksual sipilis atau Raja Singa.

Virus tersebut meningkat empat kali lipat di kota Sunderland, Durham dan Teesside, yaitu wilayah -wilayah yang di Inggris dimana Facebook menjadi alat komunikasi yang sangat populer. Pasalnya, Facebook disinyalir membuat orang-orang berkomunikasi lebih mudah, saling merayu, kemudian bertemu untuk melakukan aktivitas seksual.

Kepala kesehatan publik di Teeside, Professor Peter Kelly menyebutkan, stafnya menemukan keterkaitan antara situs jejaring sosial dan peningkatan kasus sipilis, terutama hal ini banyak terjadi pada wanita.

"Sipilis merupakan penyakit mengerikan. Siapa pun yang tidak terlindungi ketika berkegiatan seks, memiliki risiko tinggi terkena penyakit seksual semacam ini," ujar Kelly seperti dikutip dari Telegraph.

Kelly tidak menyebutkan secara rinci, data-data mereka yang terkena sipilis, melainkan dalam bentuk statistik yang menunjukkan peningkatan jumlah pasangan yang bertemu untuk melakukan seks melalui situs ini.

"Situs jejaring sosial membuat pria dan wanita lebih mudah membuat janji untuk bertemu, melakukan kegiatan seks," ujar Kelly.

Di Teesside, setidaknya tercatat ada 30 kasus sipilis tahun lalu. Namun jumlah itu belum secara keseluruhan, dan kemungkinan akan terus bertambah. Riset yang dilakukan di Sunderland, Durham dan Teesside ini mengungkapkan bahwa sekira 25 persen penduduk disana kerap mengakses Facebook lebih sering ketimbang wilayah Inggris lainnya. (rah)[KangTiar]

sumber:okezone

3 komentar: