Selasa, 17 April 2012

Aneka Pesona Sumatera Selatan

Selamat datang kembali sahabat kang tiar blog,diartikel kali ini saya akan memuat artikel tentang aneka pesona sumatera selatan. indonesia memang negara yang banyak pesona dan keindahan,banyak suku,banyak bahasa,banyak kuliner dan banyak hal yang unik. Semuanya itu bisa didapatkan juga di salah satu provinsi yang ada di indonesia ,di bagian selatan pulau sumatera yang banyak pesona dan keindahannya yaitu Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi ini sering disebut dengan SUMSEL (singkatan dari Sumatera Selatan) dan sumsel sendiri beribukota Palembang.

Perlu anda ketahui bahwa palembang sejak jaman kerajaan terbesar dinusantara yaitu Sriwijaya,ibukota sumatera selatan (palembang) ini sudah dikenal sejak jamannya kerajaan Sriwijaya.sumsel tidak jauh dengan jambi maupun lampung,karena sumsel berbatasan dengan provinsi tersebut.selain banyak pesona dan keindahannya,sumsel kaya akan sumber daya alamnya sebut saja sumber daya alam minyak bumi dan batu bara.bagaimana?sudah mengetahui sedikit profil dari Sumatera selatan kan? langsung saja ayo kita bicarakan tentang suku yang ada di negeri Sriwijaya ini.


Suku,di indonesia memang banyak suku-suku disetiap provinsi maupun daerahnya. salah satunya di sumsel ini banyak sekali suku-suku seperti: suku gumai,suku kayu agung,suku komering,suku kubu,suku lematang,suku lintang,suku ogan,suku palembang,suku pasemah,suku sekayu,suku sumendo. saya akan sedikit menjelaskan tentang pesona salah satu suku di sumatera selatan yaitu suku komering. suku komering yaitu suku yang satu klan tau satu golongan dengan suku lampung .

Nama Komering sendiri diambil dari nama Way atau Sungai di dataran Sumatera Selatan yang menandai daerah kekuasaan Komering.Sebagaimana juga ditulis Zawawi Kamil (Menggali Babad & Sedjarah Lampung). begitulah sedikit penjelasan tentang salah satu pesona suku yang ada di sumatera selatan.Bagaimana? unik bukan? selain suku di sumatera selatan ada juga Pesona kulinernya,yang paling terkenal yaitu pempek atau empek-empek.
Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.selain pempek makanan khas sumatera selatan yaitu model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak.Enyak banget ya...hehehehe,dari banyaknya pesona kuliner Sumater selatan kang tiar hanya pernah makan empek-empek saja (memang enak banget).

Selain pesona kuliner tentunya di pulau sumatera bagian selatan ini banyak sekali pesona wisatanya yaitu seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau, Kota Pagaralam dan lain-lain. Sungai musi merupakan sungai dengan panjang kurang lebih 750 km, sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera dan telah membelah kota Palembang menjadi dua bagian. dan wisata Jembatan Ampera sendiri yang menjadi ikon Kota Palembang pun melintas di atas sungai ini. Sejak jaman Kerajaan Sriwijaya sampai sekarang, sungai musi terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat Palembang .selain pesona jembatan ampera dan sungai musi,ada juga pesona pulau  eksotik yang dimiliki oleh negeri sriwijaya ini yaitu pulau kemaro,ternyata pulau ini adalah sebuah delta kecil di Sungai Musi.pulau tersebut memang sangat terkenal karena menjadi pusat tempat perayaan Cap Go Meh setiap tahun, bagi warga masyarakat keturunan china dari berbagai pelosok negeri. karena itu disana juga banyak kelenteng dan pagoda,dan tentunya jika anda kesana rasanya sepeti ke negeri ginseng cina. 

Kantanya, pulau Kemaro ini merupakan pulau yang sejarahnya terbentuk karena kekuatan sebuah cinta antara putri Kerajaan Sriwijaya yang bernama Siti Fatimah dengan seorang pemuda perantauan dari daerah tiongkok. Setelah menikah pasangan suami istri ini berbulan madu  ke sebuah negeri asal kelahiran sang suami. Setelah dari negeri tiongkok ,mereka kembali lagi ke negeri Isteri (siti fatimah) yaitu Palembang. Sebelum pualng ke palembang mereka di bekali tujuh guci besar dari orang tua sang pemuda perantau tersebut. Saat tepatnya di sungai Musi sang pemuda perantau alias suami Putri Siti fatimah itu,berinisiatif untuk membuka guci dari orang tuanya  dan ingin melihat apa isi dari  ketujuh guci itersebut. 

Dan pada saat sang suami Siti fatimah itu membuka guci-guci tersebut ternyata eh ternyata berisikan banyak sayur bayam dan asin-asinan. mungkin sang pangeran merasa malu jika pulang dari Tiongkok hanya membawa sayur bayam dan asinan. sang pangeran membuanglah seluruh guci ke sungai. Namun ternyata pada saat akan membuang guci ketujuh guci tersebut jatuh di dek kapal dan pecah.dan mengakibatkan berhamburanlah seluruh isi yang ada di dalam guci berupa perhiasan yang berharga. Melihat hal tersebut suami siti fatimah menyesal karena telah membuang guci-guci tersebut. Lalu sang pangeran lompat ke sungai Musi untuk mengangkat kembali guci-guci tersebut. ditemani salah satu pengawalnya. tetapi setelah beberapa jam sang pangeran dan pengawalnya tidakkembali dan naik ke kapal, lalu sang putri pun memutuskan ikut terjun kesungai dan ikut tewas tengelam di sungai Musi.

dari kejadian itu beberapa tahun kemudian muncullah sebuah gundukan tanah tepat di tempat tengelamnya Putri Kerajaan Sriwijaya Siti Fatimah, yang akhirnya menjadi sebuah pulau. yang bertepatan di tengah-tengah pulau terdapat tiga gundukan tanah. sampai sekarang diyakini merupakan makam sang putri dan suaminya. Berserta seorang pengawalnya. Saat ini pulau tersebut menjadi tempat yang di keramatkan baik oleh orang pribumi maupun warga etnis China.begitulah sedikit cerita tentang pulau kemaro yang banyak menceritakan tentang cinta abadi. Bagaimana? aneka pesona Sumatera selatan memang unik dan asyik kan? oleh karena itu kita harus bangga sebagai Rakyat indonesia. karena banyak sekali pesona yang ada salah satunya ya di Sumatera Selatan. Ingat Jagalah Alammu,niscahya Alam akan menjagamu! .[@bahtiaras]

12 komentar:

  1. kunjungan sesama peserta.. sukses yaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya mas,, saya akan mengunjungi balik blog anda, salam kenal ya mas

      Hapus
  2. Kunjungan perdana, kunjung balik ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya minta dukungannya dalam kontes blog ini ya...terima kasih telah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog saya ini :)

      Hapus
  3. selanjutnya , pesona wonogiri ditunggu lho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doakan saja, semoga Artikel tentang Artikel PESONA WONOGIRI bisa terbit di blog saya ini,, terima kasih atas sarannya :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya dan Dukungannya ya....

      Hapus
  5. Balasan
    1. Siap,,doakan saja semoga artikel tentang kuliner kota wonogiri bisa diterbitkan di blog saya ini oke :) terima kasih atas saran dan kunjungannya :)

      Hapus
  6. eeeeeeeeqqqqqq... blog eeeqqqq

    BalasHapus