Sabtu, 05 Maret 2011

Gara-gara Siaran Sepakbola, Blogspot Diblokir di Turki

Menyusul ulah ribuan blogger yang mengupload video pertandingan sepakbola melalui Blogspot, layanan blog milik Google itu kini diblokir di Turki.

Pengadilan Turki mengabulkan tuntutan firma TV satelit Digiturk untuk memblokir Blogspot, karena dianggap telah melanggar hak siar pertandingan sepakbola. Digiturk menemukan bahwa sejumlah siaran mereka ditampilkan pada beberapa akun Blogspot.

Sekira 600 ribu blogger Turki menggunakan layanan Blogspot untuk menerbitkan jurnal pribadi mereka. Berdasarkan hukum perlindungan hak penyiaran Turki, pemerintah berhak menutup layanan Blogspot sepenuhnya.

Google sendiri telah mengkonfirmasi pemblokiran terhadap layanan Blogger/Blogspot itu. Perusahaan asal Mountain View itu berharap, alih-alih menutup seluruh layanan, pihak-pihak yang merasa dirugikan akibat pembajakan seharusnya hanya tinggal menurunkan konten yang bersangkutan.

"Proses tuntutan pelanggaran hak cipta terhadap konten yang diupload ke Blogger bisa dilakukan secara langsung dan efisien. Kami mengimbau seluruh pemilik konten untuk menggunakannya ketimbang memblokir akses secara total," jelas juru bicara Google seperti dikutip BBC News.

"Dengan begitu, orang-orang di Turki bisa terus menikmati Blogger, sementara kami merespopn terhadap komplain tersebut," lanjutnya.

Pihak Digiturk mengajukan tuntutan demi melindungi hak siar mereka atas pertandingan Liga Super Turki. Digiturk mengklaim, pemblokiran itu belum bisa mengatasi seluruh masalah pembajakan, karena situs-situs lain selain Blogger masih menampilkan streaming laga sepakbola ilegal.
(sumber: Okezone.com)

3 komentar:

  1. masa gitu doang sampe di blokir sih...?

    BalasHapus
  2. Waduhh diblokir..

    BalasHapus
  3. buset,gara2 bola blog sampe mau diblokir

    BalasHapus